Bayi yang Sedang Demam Dimandikan, Bolehkah?

Saat bayi demam tentu orang tua akan memilih untuk tidak memandikan bayinya karena takut demamnya akan semakin tinggi. Namun hal ini ternyata hanya mitos belaka, karena memandikan bayi saat demam merupakan hal yang tidak dilarang dengan syarat menggunakan air hangat. Orang tua harus memastikan bahwa air yang digunakan cukup hangat dan tidak terlalu pana, hal tersebut dikhawatirkan dapat membuar kulit bayi terluka serta dapat membuat babyi menggigil setelah dimandikan.

Apa yang harus dilakukan ketika bayi menggigil?

Bayi yang menggigil saat dimandikan harus segera diangkat dari bak mandinya dan memakaikannya pakaian hangat, namun sebisa mungkin jangan memakaikan pakaian yang terlalu tebal dan memiliki banyak lapisan, karena akan meningkatkan suhu tubuh bayi sehingga demamnya pun akan semakin tinggi.

Agar bayi tidak menggigil saat dimandikan, pastikan bayi sudah diberikan obat penurun panas sebelum dimandikan. Kombinasi dari pemberian obat penurun panas dan memandikan si kecil dengan air hangat dapat membantu menurunkan demam bayi lebih baik. Disarankan untuk tidak membiarkan bayi mandi dalam waktu yang lama sehingga bisa membuatnya menggigil. Karena kondisi menggigil ini hanya akan meningkatkan suhu tubuh bayi, bukan membantu menurunkan suhu tubuh bayi.

Cara lain memandikan bayi yang demam

Selain memandikan dengan air hangat, bisa juga menggunakan cara lain yang lebih aman saat memandikan bayi yang sedang demam, yaitu hanya membasuhnya menggunakan handuk atau waslap yang telah dicelupkan air hangat.

Hindari memandikan bayi dengan air dingin

Hal yang perlu diingat, meski memandikan bayi yang sedang demam merupakan hal yang tidak dilarang, jangan sampai si kecil dimandikan dengan air dingin, karena paparan suhu rendah dari air dingin yang secara tiba-tiba mengguyur tubuh si kecil akan menyebabkan pembuluh darah kulit menutup dan membuat panas tetap berada dalam tubuh. Jadi meskipun bayi akan merasa dingin di luar, suhu akan tetap sama panasnya di dalam tubuhnya.

Source : motherandbaby.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Ahmad Yani No.90, Kec. Magetan, Kab. Magetan

Telepon

Telepon

(0351) 895451

Email

Email

rsia.melati.mgt@gmail.com

24 Jam

24 Jam

Pelayanan Pasien