Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cerita adalah alat yang baik karena anak-anak dapat menggambarkan sebuah peristiwa yang telah terjadi atau yang ada di otak mereka. Hanya dengan meminta anak untuk bercerita tentang kejadian telah mereka alami ternyata dapat membantu mengembangkan daya ingat.

Setiap orang tua pasti akan bangga dan menginginkan anaknya dapat berprestasi. Salah satu yang dapat membantu meningkatkan prestasi anak adalah dengan meningkatkan daya ingatnya. Perkembangan otak adalah hal yang terkait dengan daya ingat dan perkembangan sensorik seorang anak. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan otak anak yang meliputi, Kondisi lingkungan, Pembangunan sensorik, Nutrisi, Stimulan, dan Faktor genetik. Berikut adalah beberapa teknik sederhana yang dapat membantu untuk melatih daya ingat anak :

1. Bermain

Permainan dengan menyusun kata dari huruf yang berantakan atau dengan bermain puzzle.

2. Lagu

Lagu, melodi dan irama adalah cara terbaik untuk melatih kemampuan verbal anak. Mengajak anak untuk bernyanyi dapat melatih otak untuk mengingat informasi.

3. Bercerita

Meminta anak untuk bercerita tentang kejadian yang mereka alami dapat membantu mengembangkan daya ingat. Cerita adalah alat yang baik karena anak-anak dapat menggambarkan sebuah peristiwa di otak mereka.

4. Jangan Marahi Anak

Hindari untuk memarahi anak karena dapat meningkatkan stress dan tekanan pada anak sehingga menghambat aliran informasi ke daerah-daerah sensitif dari otak. Merekomendasikan kegiatan sehari-hari yang menyenangkan dan menghibur seperti bernyanyi, melempar bola, dan bermain dengan gambar.

5. Bermain Warna

Memperkenalkan anak dengan warna lewat permainan atau benda-benda disekitar mereka.

Meningkatkan memori pada anak memerlukan usaha yang panjang, diperlukan beberapa metode yang dikombinasi untuk meningkatkan memori. Kecerdasan pada anak merupakan kombinasi dari kemampuan sentuhan, sensorik, penglihatan, ucapan (verbal), dan pendengaran. Memaksimalkan fungsi dari semua indera dapat mengembangkan memori.

Untuk mendapatkan prestasi yang bagus disekolah seorang anak perlu mengembangkan memori jangka pendeknya. Namun, ada memori lain yang juga diperlukan adalah memori yang dapat menyimpan, menyusun, mengatur dan menerjemahkan informasi secara sementara. Kedua memori tersebut membantu anak untuk mengingat pelajaran dan mengerjakan ujian secara efektif.

Setiap anak memiliki keunikan masing-masing, begitu juga dengan cara mengembangkan kemampuannya dan orang tua memiliki peran penting disetiap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sumber : Viva Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Ahmad Yani No.90, Kec. Magetan, Kab. Magetan

Telepon

Telepon

(0351) 895451

Email

Email

rsia.melati.mgt@gmail.com

24 Jam

24 Jam

Pelayanan Pasien